Transaksi Lebih dari Rp 3,2 Triliun Selama IIMS 2017
Oleh
Dahono Fitrianto
·4 menit baca
JAKARTA, KOMPAS — Selama 11 hari penyelenggaraan pada 27 April–7 Mei lalu, pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2017 berhasil membukukan total transaksi bernilai lebih dari Rp 3,2 triliun dengan jumlah kendaraan bermotor yang terjual lebih dari 12.000 unit.
”Perlu dicatat bahwa ada beberapa APM yang tidak submit data transaksi ke organizer, terkait regulasi perusahaan mereka. Juga angka transaksi di atas hanya mencakup SPK (surat pemesanan kendaraan) mobil dan motor. Berarti belum termasuk aksesoris, aftermarket, suku cadang, dan aksesoris pendukung lainnya. Artinya, jumlah transaksi riilnya lebih besar dari angka itu,” kata Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo selaku penyelenggara IIMS 2017, kepada Kompas, Rabu (10/5).
Menurut Hendra, angka itu pun sudah melampaui target transaksi sebesar Rp 3,1 triliun yang ditetapkan di awal. Angka transaksi yang tercatat tahun ini juga sudah melampaui pencapaian transaksi tahun lalu, yakni Rp 3,064 triliun.
Selain melampaui target transaksi, penyelenggaraan IIMS tahun ini juga memecahkan rekor jumlah pengunjung. Dari target 450.000 pengunjung selama 11 hari, rekapitulasi terakhir menunjukkan pengunjung IIMS 2017 mencapai 503.447 orang. Pada tahun lalu, pengunjung IIMS tercatat 454.178 orang. Puncak jumlah pengunjung tahun ini terjadi pada hari keempat, yakni hari Minggu (30/4), dengan rekor 63.975 orang.
Hasil positif
Sejumlah agen pemegang merek (APM) pun mengakui transaksi di IIMS melebihi target yang mereka tetapkan. Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Group PT Mitsubishi Motor Kramayuda Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, pihaknya berhasil membukukan 1.429 SPK, melebihi target 1.200 SPK.
”Pajero Sport tetap menjadi bintang dengan dominasi SPK sejumlah 1.038 unit, termasuk 10 persen atau 118 unit disumbangkan tipe Ultimate yang baru perdana diperkenalkan di IIMS kali ini. IIMS kali ini menjadi sukses yang sangat baik untuk kami,” kata Imam, Selasa (9/5). Selain Pajero Sport, pengunjung IIMS juga memesan tipe lain mobil penumpang Mitsubishi, seperti Mirage, Outlander Sport, Delica, dan Triton.
Kehadiran mobil baru menjadi salah satu faktor utama pendongkrak penjualan. Seperti yang dialami PT Honda Prospect Motor (HPM) yang meluncurkan All New Honda CR-V pada hari pembukaan IIMS, 27 April lalu. Honda CR-V generasi kelima yang mengusung mesin 1.5 Liter Turbo dan memiliki 7 tempat duduk itu terjual 1.060 unit atau sekitar 30 persen dari total SPK yang dibukukan Honda selama IIMS 2017.
”Penjualan produk-produk Honda pada ajang IIMS 2017 sangat memuaskan, di mana kami mencatat total penjualan 3.555 unit selama pameran berlangsung. Terlebih lagi untuk All New Honda CR-V yang baru diluncurkan, mampu menjadi produk favorit pengunjung dan mencatat rata-rata penjualan sekitar 100 unit setiap hari,” kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service DirectorPT HPM, dalam siaran pers yang diterima Selasa (9/5).
PT Toyota Astra Motor (TAM) juga membukukan SPK yang lebih tinggi dibanding pada IIMS 2016. Public Relations Manager PT TAM Rouli Sijabat menyebutkan, pihaknya membukukan 4.652 SPK pada IIMS tahun ini, naik dibanding 4.597 unit pada IIMS tahun lalu. Mobil paling diminati konsumen masih tetap Toyota Avanza (1.296 unit SPK), disusul berturut-turut Calya (762 unit), Innova (735 unit), Agya (493 unit), Sienta (489 unit), Fortuner (318 unit), Rush (251 unit), dan Yaris (132 unit). Sisanya diisi produk-produk lain Toyota, seperti Alphard/Vellfire, Hilux, Camry, Altis, Vios, dan Hi Ace.
Pemesanan yang melampaui target awal juga dilaporkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yang bertanggung jawab memasarkan mobil dan sepeda motor Suzuki di Indonesia. Setiawan Surya, selaku 4W Deputy Managing Director PT SIS mengaku puas dengan hasil penjualan Suzuki di IIMS 2017. Secara keseluruhan, Suzuki berhasil membukukan total penjualan sebanyak 1.866 unit untuk roda empat dan 76 unit roda dua.
Dengan produk terlaris untuk mobil adalah Suzuki Ignis (812 unit), disusul Suzuki New Ertiga (694 unit), dan Suzuki SX4 S-Cross (98 unit). Sementara untuk penjualan kategori roda dua terlaris adalah Suzuki GSX-R150 (39 unit) dan Suzuki GSX-S150 (32 unit). ”Strategi kami menghadirkan Suzuki Ignis sebagai magnet utama di gerai kami berhasil dan ini terbukti dengan penghargaan yang diberikan, sebagai Best Buy Car,” ujar Setiawan.
Performa positif juga ditunjukkan di segmen mobil premium. BMW Group Indonesia, selaku pemegang merek BMW dan MINI di Indonesia, membukukan lebih dari 500 SPK untuk pemesanan mobil-mobil BMW dan MINI. BMW Seri 3, BMW X1, dan BMW Seri 5 berturut-turut menjadi BMW terlaris di ajang IIMS 2017. Sementara MINI Clubman dan MINI Countryman menjadi MINI terlaris.
”IIMS 2017 dengan konsep Carnivalnya telah berhasil menarik banyak minat pengunjung,” ujar Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Karen Lim, dalam siaran persnya.
Sementara Dennis Kadaruskan, PR Department Manager PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, mengatakan, meski pihaknya tak bisa menjabarkan angka pasti transaksi di IIMS, tetapi pengunjung antusias terhadap model-model terbaru yang ditampilkan pabrikan mobil premium itu. Tiga model yang paling diminati pengunjung, kata Dennis, adalah Mercedes-Benz GLC, Mercedes-Benz E-Class, dan Mercedes-Benz C-Class.
Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, juga melaporkan penjualan 126 unit mobil terbarunya. Public Relations PT Hyundai Mobil Indonesia, Adinda Armnesia, menyebutkan, rincian penjualan Hyundai adalah Hyundai All New Tucson (34 unit), diikuti Hyundai New H-1 (33 unit), All New i20 (23 unit), All New Santa Fe (22 unit), dan Grand i10 (14 unit).
(DHF)
Editor:
Bagikan
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
Tlp.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.