MultimediaInfografikStatisOrkes Tuan Tanah Pesohor

Orkes Tuan Tanah Pesohor

Oleh LUHUR ARSIYANTO PUTRA, ISMAWADI, NINGSIAWATI, DICKY INDRATNO ·

Tanjidor adalah orkes rakyat Betawi yang menggunakan alat musik dari Barat. Orkes ini utamanya pada alat musik tiup atau brass section. Kedatangan Portugis di Sunda Kelapa pada abad ke-14 ikut membentuk akulturasi kebudayaan setempat yang disinyalir menjadi cikal bakal musik keroncong dan tanjidor. Tanjidor berasal dari bahasa Portugis tangedor atau kelompok musik berdawai.

Memuat data...

Pemain tanjidor pada awal terbentuknya adalah para budak yang bermain orkes musik di rumah tuan tanah Belanda di abad ke-19. Orkes ini tumbuh subur di pinggiran Batavia, yang banyak perkebunan dan vila milik tuan tanah Belanda. Salah satunya tuan tanah dari Citeureup, yaitu Augustijn Michiels atau Mayor Jantje, yang memiliki orkes Het Muziek Corps der Papangers pada 1827-1829.

Mayor Jantje dan grup orkes musiknya dianggap berperan penting dalam pembentukan tanjidor. Hingga perbudakan dihapuskan pada 1860, pemain orkes yang semula budak menjadi orang yang merdeka. Pemain ini tetap bermain musik dan disebut kelompok tanji. Belakangan tanjidor memasukkan lagu Melayu, Betawi, dan Sunda, menambahkan beberapa alat musik, serta mencampurkan berbagai elemen seni yang lain.

Memuat data...

Tanjidor menjadi kesenian tradisional yang lebih sering ditampilkan pada acara-acara tertentu, antara lain mengarak pengantin, menyambut tamu agung, serta merayakan Imlek dan Cap Co Meh (15 hari setelah Imlek).

Memuat data...

Tanjidor Hasil Asimilasi dari Drumben

Pada awal abad ke-16 di daratan Eropa, terdapat sekelompok pasukan drum yang sekarang dikenal dengan drumben. Pasukan drum dengan instrumen alat tiup, berfungsi sebagai penyemangat prajurit ketika di medan perang. Dalam perkembangannya, drumben sebagai orkes barisan yang digunakan untuk pawai, parade, perayaan, ataupun upacara tertentu.

Memuat data...