logo Kompas.ID

Statis

MultimediaInfografikStatisNapas Panjang Nelayan Kerang

Napas Panjang Nelayan Kerang

Oleh Novan Nugrahadi ·

Sabtu (27/3/2021), sekitar pukul 05.00, Pendi (36) menuju ke tempat langganannya untuk mengambil bekal makanan dan minuman selama melaut. Darsa (55), rekan Pendi, telah bersiap di belakang kemudi kapal yang mereka sewa selama berada di Jakarta. Tepat pukul 05.52, mereka bergerak meninggalkan dermaga bambu di muara Sungai Angke menuju lokasi yang mereka anggap berpotensi terkandung banyak kerang. Nelayan kerang yang tidak memiliki peternakan akan memilih secara acak lokasi peburuannya, biasanya kerang mudah ditemui di tempat berbatu atau bekas tambak kerang yang telah ditinggalkan.

Memuat data...
Memuat data...

Lokasi selam selanjutnya hanya pindah ke arah timur sekitar 800 meter di dekat Indonesia National Sailing Center. Perlengkapan selam dan korang (jaring penampung kerang) kembali dikenakan kemudian mereka segera menuju dasar laut, pukul 08.12.

Memuat data...

Penyelaman kedua berlangsung selama 50 menit dan penyelaman

ketiga dimulai pukul 09.28 hingga berakhir pukul 10.50.

Memuat data...

Darsa dan Pendi merupakan sebagian dari ratusan nelayan yang datang dari Desa Parean Girang di Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dalam satu bulan, mereka merantau sebagai nelayan kerang di Jakarta selama tiga minggu dan tinggal selama satu minggu di daerah asal.