logo Kompas.ID

Statis

MultimediaInfografikStatisMewujudkan Impian Memiliki Stasiun Sentral Jakarta

Mewujudkan Impian Memiliki Stasiun Sentral Jakarta

Oleh ·

Stasiun Manggarai akan dijadikan sebagai stasiun sentral menggantikan Stasiun Gambir. Perjalanan kereta api jarak jauh akan dipindahkan dari Stasiun Gambir ke stasiun ini. Pada awal 2021, pembangunan struktur bertingkat tahap pertama sisi barat telah selesai. Berikutnya akan dilanjutkan pembangunan sisi timur. Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan adalah stasiun tersibuk di Indonesia. Setiap hari ada sekitar 726 perjalanan kereta yang melintas dengan jumlah penumpang 100.000 orang. Stasiun ini ditargetkan rampung pada akhir 2021. Setelah menjadi stasiun sentral, perjalanan kereta di Stasiun Manggarai diperkirakan akan meningkat dua hingga tiga kali lipat per hari. Hal ini karena sekaligus melayani perjalanan kereta komuter, kereta bandara, dan kereta api jarak jauh antarkota di Pulau Jawa.

Memuat data...

Jika dibandingkan dengan ibu kota negara-negara tetangga di kawasan ASEAN, Jakarta dapat dianggap masih tertinggal karena belum memiliki stasiun sentral yang memadai, bagus, dan dapat dibanggakan. Stasiun KL Sentral di Kuala Lumpur, Malaysia, misalnya, sudah rampung sejak 2001. Sementara kini Bangkok tengah menggarap proyek Stasiun Sentral Bang Sue yang ditargetkan rampung pada 2021 dan digadang-gadang akan menjadi stasiun terbesar di Asia Tenggara. Untuk memenuhi tuntutan perkembangan transportasi kereta api, dibangunlah Stasiun Sentral Manggarai.

Memuat data...

Stasiun Sentral Manggarai memiliki 3 lantai. Desain atap stasiun ini berupa kurva lengkung yang menyerupai gelombang dengan dinding dan jendela kaca yang besar. Sepertinya desain ini telah dipilih sebagai desain generik untuk stasiun-stasiun baru PT KAI karena desain yang serupa dapat ditemukan di Stasiun Jatinegara, Kranji, dan Bekasi Timur.

Memuat data...
Memuat data...

Stasiun Jatinegara dipilih sebagai lokasi stasiun sentral Jakarta karena posisinya yang sangat strategis, yakni sebagai simpul jejaring rel di Jakarta. Stasiun ini adalah tempat bertemunya jaringan rel lingkar Jakarta, rel jurusan Bogor, dan rel jurusan Bekasi yang kemudian terhubung dengan jejaring rel antarkota di Pulau Jawa.

Memuat data...

Stasiun Manggarai dibangun pada ketinggian +13 meter dari permukaan laut, termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta. Bangunan stasiun kereta api terbesar di DKI Jakarta berukuran luas 24.700 meter persegi (2,47 hektar). Stasiun ini memiliki tapak tanah yang cukup luas. Apalagi jika termasuk memperhitungkan area Balai Yasa Manggarai seluas 232.000 meter persegi (23,2 hektar). Maka total area Stasiun Manggarai adalah 32,66 hektar. Balai yasa adalah bengkel tempat perawatan dan perbaikan kereta api. Di Stasiun Manggarai terdapat maket rencana pengem- bangan kawasan di sekitar stasiun. Digambarkan dalam maket tersebut kawasan permukiman padat dan kumuh di sekitar stasiun akan dibebaskan dan dirapikan. Kemudian akan digantikan dengan gedung-gedung tinggi sebagai bagian dari rencana TOD (transit oriented development).

Memuat data...

Stasiun Manggarai memiliki beberapa permasalahan yang berpotensi mengganggu fungsinya sebagai stasiun sentral. Permasalahan paling mendesak adalah akses menuju Stasiun Manggarai yang kurang memadai, yakni jalan yang sempit dan lingkungan sekitar yang sangat padat, semrawut, dan tidak teratur. Ruas Jalan Tambak dan Jalan Manggarai Utara adalah jalan yang sempit. Selain itu, terdapat beberapa titik penyempitan jalan yang menjadi penyebab kemacetan. Antara lain di terowongan lintas bawah Manggarai, area drop off depan stasiun, dan jembatan dekat pintu air.

Memuat data...

Terletak di dekat Sungai Ciliwung, kawasan ini rawan banjir, terutama di ruas rel antara Manggarai dan Tebet.

Memuat data...

Kawasan kumuh di sekitar Manggarai dikenal sebagai wilayah bermasalah sosial tawuran antarwarga. Tawuran kadang pecah di ruas Jalan Sultan Agung antara Pasar Rumput dan Manggarai serta di dekat rel yang mengganggu perjalanan kereta api.

Memuat data...

Kawasan Manggarai dan sekitarnya adalah kawasan permukiman yang sangat padat penduduk. Perkampungan yang semrawut ini mengganggu keindahan kota. Sekitar 25 hektar lahan di sekitar Stasiun Manggarai adalah milik negara yang harus dibebaskan dari 23.000 penduduk yang telah sekian lama menghuni tanah tersebut.

Memuat data...