Stasiun Manggarai akan dijadikan sebagai stasiun sentral menggantikan Stasiun Gambir. Perjalanan kereta api jarak jauh akan dipindahkan dari Stasiun Gambir ke stasiun ini. Pada awal 2021, pembangunan struktur bertingkat tahap pertama sisi barat telah selesai. Berikutnya akan dilanjutkan pembangunan sisi timur. Stasiun Manggarai di Jakarta Selatan adalah stasiun tersibuk di Indonesia. Setiap hari ada sekitar 726 perjalanan kereta yang melintas dengan jumlah penumpang 100.000 orang. Stasiun ini ditargetkan rampung pada akhir 2021. Setelah menjadi stasiun sentral, perjalanan kereta di Stasiun Manggarai diperkirakan akan meningkat dua hingga tiga kali lipat per hari. Hal ini karena sekaligus melayani perjalanan kereta komuter, kereta bandara, dan kereta api jarak jauh antarkota di Pulau Jawa.
Jika dibandingkan dengan ibu kota negara-negara tetangga di kawasan ASEAN, Jakarta dapat dianggap masih tertinggal karena belum memiliki stasiun sentral yang memadai, bagus, dan dapat dibanggakan. Stasiun KL Sentral di Kuala Lumpur, Malaysia, misalnya, sudah rampung sejak 2001. Sementara kini Bangkok tengah menggarap proyek Stasiun Sentral Bang Sue yang ditargetkan rampung pada 2021 dan digadang-gadang akan menjadi stasiun terbesar di Asia Tenggara. Untuk memenuhi tuntutan perkembangan transportasi kereta api, dibangunlah Stasiun Sentral Manggarai.