logo Kompas.id
β€Ί
Kolomβ€ΊBelajar Menabung dan...
Iklan

Belajar Menabung dan Berinvestasi sejak Dini

Penanaman kebiasaan menabung dan berinvestasi sejak dini akan membentuk kemampuan anak dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan. Harapannya, anak akan menjadi pribadi yang mandiri pada masa dewasa kelak.

Oleh
FITRI ADLIANI
Β· 1 menit baca
Teatrikal kampanye gerakan menabung ditampilkan dalam peringatan Hari Menabung Sedunia 2016 di Jakarta Convention Center, Senin (31/10/2016).
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Teatrikal kampanye gerakan menabung ditampilkan dalam peringatan Hari Menabung Sedunia 2016 di Jakarta Convention Center, Senin (31/10/2016).

Tabungan dan investasi sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tabungan didefinisikan sebagai tempat menabungkan uang; celengan, atau uang tabungan; uang simpanan, sedangkan investasi merupakan penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Dengan menabung, kita menyimpan dana untuk kebutuhan jangka pendek, sedangkan dengan berinvestasi kita mengembangkan dana yang dimiliki untuk kebutuhan jangka panjang. Selain itu, tingkat risiko menabung dan berinvestasi juga berbeda, di mana risiko menabung lebih rendah dibandingkan dengan berinvestasi. Namun, berinvestasi akan memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Editor:
MUKHAMAD KURNIAWAN
Bagikan