logo Kompas.id
โ€บ
Kesehatanโ€บWHO Bongkar Praktik Agresif...
Iklan

WHO Bongkar Praktik Agresif Produsen Susu Formula Gantikan ASI untuk Bayi

Laporan WHO mengungkap praktik-praktik produsen susu formula yang agresif beriklan untuk memengaruhi pikiran para ibu hamil dan menyusui agar beralih dari memberikan ASI eksklusif pada bayi mereka dengan susu formula.

Oleh
LARASWATI ARIADNE ANWAR
ยท 1 menit baca
Seorang bidan dari lembaga amal Dokter Lintas Batas (MSF) memeriksa bayi yang baru lahir di rumah sakit bersalin MSF di Khost, Afghanistan, 9 Agustus 2018.
AFP/JUSTINE GERARDY

Seorang bidan dari lembaga amal Dokter Lintas Batas (MSF) memeriksa bayi yang baru lahir di rumah sakit bersalin MSF di Khost, Afghanistan, 9 Agustus 2018.

Stephanie Labarta (31), perempuan analis senior di sebuah perusahaan nirlaba di New York, Amerika Serikat, sedang hamil enam bulan saat pertama kali mencermati iklan susu formula untuk bayi di Instagram dan Facebook. Kini, setahun kemudian, ia โ€dipaksaโ€ melihat tiga atau empat kali iklan serupa dalam sehari, umumnya berupa Enfamil produksi Reckitt Benckiser atau Gerber Good Start dari Nestle.

โ€Gerber muncul di akun saya pagi hari, dimulai kontes dengan cara mendaftarkan bayi Anda yang lagi tersenyum, dan lalu (saya) diantarkan masuk pada link berbagai tipe susu formula dan jenis yang tersedia,โ€ tutur Labarta.

Editor:
MUHAMMAD SAMSUL HADI
Bagikan