logo Kompas.id
KesehatanTingkatkan Kualitas Layanan,...
Iklan

Tingkatkan Kualitas Layanan, Tenaga Verifikator BPJS Kesehatan Disertifikasi

Verifikator BPJS berperan dalam mengendalikan mutu dan biaya dalam program JKN-KIS. Keberadaan mereka penting untuk meningkatkan layanan sehingga meningkatkan pula kepercayaan masyarakat.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/ilN4El9MmaxjpPyfa5j6MJY2yvc=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F09%2F1dcb8c4e-2054-4d19-b239-564482975a53_jpg.jpg
Kompas/Ferganata Indra Riatmoko

Petugas mengarahkan warga lansia peserta BPJS Kesehatan yang mendaftarkan diri untuk mendapat pelayanan di RSUD Kota Yogyakarta, Umbulharjo, Yogyakarta, Senin (24/8/2020). Mulai Juli 2020, pengguna layanan BPJS Kesehatan di rumah sakit itu berangsur naik 20 persen dibandingkan dengan saat awal pandemi Covid-19 mulai merebak.

JAKARTA, KOMPAS — Pengelolaan program Jaminan Kesehatan Nasional terus didorong agar lebih transparan dan akuntabel. Hal ini dilakukan melalui penguatan kapabilitas verifikator yang bertugas memvalidasi pembiayaan kesehatan peserta di rumah sakit.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Andi Afdal Abdullah di Jakarta, Kamis (22/4/2021), mengatakan, verifikator BPJS Kesehatan bertugas untuk memverifikasi klaim pembiayaan perawatan peserta di rumah sakit serta mengevaluasi pemanfaatan layanan kesehatan rujukan. Verifikator pun bertanggung jawab untuk memitigasi kecurangan dalam pembiayaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000