logo Kompas.id
KesehatanKawal Seluruh Proses Distribusi Vaksin

Kawal Seluruh Proses Distribusi Vaksin

Pemantauan proses vaksinasi Covid-19 harus dilakukan di tiap titik distribusi. Selain vaksinasi massal, Indonesia perlu mewaspadai masuknya varian baru virus SARS-CoV-2 yang lebih menular.

Oleh Tim Kompas
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/AGUS SUSANTO

Penyuntikan vaksin Covid-19 untuk tenaga medis di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2021). Vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin produksi Sinovac mulai dilakukan secara bertahap kepada seluruh tenaga kesehatan dan tenaga medis di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Pemberian vaksin Covid-19 kepada warga menjadi babak baru dalam melawan pandemi.

BANDUNG, KOMPAS—Pengawasan ketat seluruh proses vaksinasi Covid-19 mesti dilakukan untuk menjaga mutu vaksin. Meski keamanan dan mutu vaksin terjamin pada tahap produksi, mutu vaksin bisa turun jika tidak didistribusikan dengan baik.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Penny K Lukito menyampaikan, pengawasan distribusi harus menyeluruh mulai dari vaksin keluar dari tempat produksi, instalasi farmasi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, sampai digunakan masyarakat.

Editor: Evy Rachmawati
Bagikan
Memuat data..