logo Kompas.id
KesehatanDaerah Potong Anggaran Penanganan Covid-19

Daerah Potong Anggaran Penanganan Covid-19

Beberapa pemerintah kabupaten dan kota memotong anggaran penanganan Covid-19 dari alokasi semula. Pemotongan yang dilakukan pada akhir tahun ini, antara lain, dilakukan karena kasus Covid-19 yang mulai melandai.

Oleh
IRENE SARWINDANINGRUM
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/IRENE SARWINDANINGRUM

Pasien di ruang perawatan khusus Covid-19 di RSUD dr H Slamet Martodirdjo, Provinsi Jawa Timur, tengah dirawat dengan alat bantu pernapasan, Kamis (5/11/2020). Angka tes Covid-19 dengan metode reaksi rantai polimerase (PCR) di kedua kabupaten bertetangga, yakni Kabupaten Pamekasan dan Sampang, sangat rendah, sangat jauh dari syarat minimal Organisasi Kesehatqan Dunia (WHO), yaitu  1:1.000 penduduk per pekan. Rendahnya angka tes PCR membuat zona kuning (resiko penularan Covid-19 rendah) di dua kabupaten itu diragukan.

Beberapa pemerintah kabupaten dan kota memotong anggaran penanganan Covid-19 dari alokasi semula. Pemotongan yang dilakukan pada akhir tahun ini, antara lain, dilakukan karena kasus Covid-19 yang mulai melandai. Pemerintah daerah juga beranggapan alokasi bantuan sosial bisa dikurangi karena sebagian warga sudah menerima bantuan sosial dari pemerintah pusat.

Kabupaten Sampang, Jawa Timur, memotong anggaran realokasi untuk penanganan dampak Covid-19 dari Rp 137 miliar menjadi Rp 100 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanaja Daerah 2020 Perubahan (APBD-P) Kabupaten Sampang. APBD-P disahkan pada 15 Oktober lalu.

Editor:
M Fajar Marta
Bagikan