logo Kompas.id
KesehatanDigitalisasi Layanan Kesehatan...
Iklan

Digitalisasi Layanan Kesehatan Jadi Prioritas

Ditigalisasi layanan kesehatan bukanlah opsi, tetapi sudah menjadi keharusan yang disediakan bagi masyarakat. Hal ini membutuhkan infrastruktur pendukung yang menjangkau hingga seluruh puskesmas di Indonesia.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/mFyCk2MVFGcyMx7Ajtx_HnqyV_w=/1024x682/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2018%2F01%2Fkompas_tark_23052848_43_0.jpeg
KOMPAS/JOHANES GALUH BIMANTARA

Ilustrasi. Seorang petugas memberi contoh cara memilih dokter untuk berkonsultasi melalui aplikasi digital layanan kesehatan. Layanan kesehatan berbasis digital semakin banyak digunakan di masa pandemi Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS — Pandemi Covid-19 memicu percepatan akselerasi digital di berbagai bidang, termasuk di bidang kesehatan. Pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem pelayanan kesehatan pun mutlak diperlukan. Selain untuk mencegah risiko penularan Covid-19, layanan berbasis digital juga diharapkan dapat mendukung upaya pemerataan kesehatan masyarakat.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menuturkan, kemajuan teknologi dan informasi berkembang sangat cepat di era digital 4.0. Hal ini berdampak pada perubahan di semua sektor, termasuk kesehatan. Karena itu, digitalisasi di bidang kesehatan menjadi salah satu program prioritas pemerintah.

Editor:
Ichwan Susanto
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000