logo Kompas.id
KesehatanKetimpangan Akses dalam...
Iklan

Ketimpangan Akses dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional

Ketimpangan akses layanan dalam pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat masih terjadi antardaerah. Padahal, program itu menjadi wujud pemenuhan hak atas kesehatan bagi semua warga.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 4 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/zyV_0toEjWM2Yki0-tXki-_fRc0=/1024x683/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F01%2Fac6f9bb5-71cc-479b-982a-1835489f0484_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Pasien menjalani cuci darah atau hemodialisis di Klinik Hemodialisis Tidore, Cideng, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020). BPJS Kesehatan bersama fasilitas kesehatan mitra kerja mengimplementasikan kemudahan layanan bagi pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

JAKARTA, KOMPAS — Kebergantungan masyarakat terhadap layanan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional cukup tinggi. Namun, ketimpangan akses dan mutu layanan antardaerah masih terjadi. Padahal, program itu menjadi wujud pemenuhan hak atas kesehatan bagi setiap warga.

Potret ketimpangan layanan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terlihat dari hasil survei yang dilakukan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Litbang Kompas terkait pandangan masyarakat terhadap hak atas kesehatan dalam sistem JKN. Survei ini dilakukan pada pekan keempat Juli 2020 sampai pekan kedua Agustus 2020 kepada 1.200 responden.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000