logo Kompas.id
KesehatanPasien Positif Covid-19 yang Sembuh Dapat Kembali Terinfeksi

Pasien Positif Covid-19 yang Sembuh Dapat Kembali Terinfeksi

Penelusuran genom virus korona dari seorang warga Hong Kong menjadi bukti bahwa ia terinfeksi kembali setelah lima bulan. Masyarakat yang sudah sembuh diharapkan tetap mempraktikkan jaga jarak dan protokol kesehatan.

Oleh SATRIO PANGARSO WISANGGENI
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Bahana Patria Gupta

Ibu hamil mengikuti Tes Swab Massal Ibu Hamil (Bumil) di GOR Pancasila, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/7/2020). Tes usap gratis dilakukan kepada ibu hamil yang memasuki usia kandungan 37 minggu. Tes tersebut merupakan usaha pemerintah kota setempat untuk melindungi keselamatan ibu dan bayi di tengah pandemi Covid-19.

HONG KONG, SELASA — Orang yang pulih dari infeksi Covid-19 belum tentu akan memiliki kekebalan sepanjang hayat terhadap virus penyebabnya, SARS-CoV-2. Meski demikian, diduga gejala yang muncul tidak akan separah ketika terpapar untuk pertama kali.

Karakteristik Covid-19 ini terbukti setelah seorang warga Hong Kong berusia 33 tahun terdeteksi terinfeksi Covid-19 di Bandar Udara Hong Kong setelah bepergian dari Eropa pada pertengahan Agustus 2020. Padahal, lima bulan sebelumnya, pada Maret, ia sembuh dari Covid-19 setelah dirawat di rumah sakit selama dua minggu.

Editor: Khaerudin Khaerudin
Bagikan
Memuat data..