logo Kompas.id
KesehatanInformasi Layanan bagi Pasien ...
Iklan

Informasi Layanan bagi Pasien Covid-19 Belum Jelas

Kasus pertama Covid-19 terdeteksi empat bulan lalu. Namun, warga masih kebingungan mengakses informasi terkait layanan kesehatan bagi pasien penyakit yang disebabkan virus korona tipe baru itu.

Oleh
DEONISIA ARLINTA
· 3 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/njfWCEt-RSGmCQoTPE2Pj6voiA8=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F06%2F83262e2a-e483-44ff-a772-aabc10306d37_jpg.jpg
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Dokter anak Mila Hardiani mengenakan APD level 2 bertema kartun saat memeriksa pasien di ruang praktiknya di RSIA Tambak, Jakarta, Senin (2/6/2020). APD bertema kartun tersebut dikenakan dokter saat memeriksa pasien anak, selain untuk mengantisipasi penularan Covis-19, juga bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada anak-anak yang hendak diperiksa.

Minimnya informasi tentang alur pelayanan kesehatan untuk pasien Covid-19 mendominasi laporan pengaduan yang diterima Ombudsman RI. Selain itu, kurangnya informasi terkait klasifikasi pasien Covid-19 banyak dikeluhkan masyarakat.

Dalam laporan Ombudsman RI yang dipaparkan pada Rabu (1/7/2020) di Jakarta terkait Covid-19, terdapat 1.604 laporan pengaduan masyarakat yang diterima sejak akhir April 2020 sampai 7 Juli 2020. Dari jumlah laporan itu, 83 persen pengaduan yang diterima terkait bantuan sosial, 11 persen pengaduan terkait ekonomi dan keuangan, 3 persen pengaduan terkait transportasi, dan 2 persen pengaduan terkait pelayanan kesehatan.

Editor:
evyrachmawati
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000