logo Kompas.id
KesehatanLayanan Pasien Tuberkulosis Dilalihkan ke Rumah Sakit yang Tak Tangani Covid-19

Layanan Pasien Tuberkulosis Dilalihkan ke Rumah Sakit yang Tak Tangani Covid-19

Banyak rumah sakit kewalahan untuk mengatasi pandemi Covid-19 sekarang ini. Pelayanan kesehatan bagi pasien tuberkulosis atau TB dialihkan ke rumah sakit yang tak jadi rujukan pasien penyakit akibat virus korona baru.

Oleh SEKAR GANDHAWANGI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Petugas memberikan penjelasan tentang replika tandu yang digunakan untuk bergerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman saat acara peringatan 70 tahun wafatnya pahlawan tersebut di Museum Sudirman, Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (30/1/2020). Sudirman wafat di rumah itu tanggal 29 Januari 1950 pada usia 34 tahun akibat menderita sakit TBC. Sudirman dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Yogyakarta.

JAKARTA, KOMPAS – Kendati banyak rumah sakit rujukan kewalahan selama pandemi Covid-19 sekarang ini, pelayanan kesehatan bagi pasien tuberkulosis atau TB dipastikan tetap tersedia. Protokol penyediaan layanan kesehatan pun diterapkan untuk melindungi pasien dari infeksi SARS-CoV-2.

National TB Program Management Kementerian Kesehatan Imran Pambudi mengatakan, pelayanan terhadap pasien TB di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 terganggu. Ini dikarenakan jumlah pasien akibat virus korona baru itu meningkat beberapa waktu terakhir. Untuk mengatasinya, pasien TB dialihkan ke rumah sakit nonrujukan Covid-19.

Editor: ilhamkhoiri
Bagikan
Memuat data..