”Perang Israel-Hamas” dan ”Barbie” Paling Dicari Tahun Ini
Google merilis daftar pencarian dalam setahun atau Year in Search yang berisi kumpulan pertanyaan global teratas pada tahun 2023.
Oleh
IRENE SARWINDANINGRUM
·3 menit baca
CALIFORNIA, SELASA — Perang Israel-Hamas yang masih berlangsung menduduki supremasi rasa penasaran warga dunia, bertengger di puncak tren pencarian di Google sepanjang 2023. Di tingkat kedua adalah pertanyaan seputar kapal selam yang meledak saat menuju puing Titanic pada Juni lalu. Lalu gempa bumi dahsyat di Turki dan Suriah pada Februari berada di peringkat ketiga.
Pada Senin (11/12/2023), Google, raksasa teknologi yang berbasis di California, Amerika Serikat, merilis daftar pencarian dalam setahun atau Year in Search yang berisi kumpulan pertanyaan global teratas pada tahun 2023. Isinya begitu beragam, mulai dari momen budaya pop yang tak terlupakan hingga meninggalnya tokoh yang dicintai dan berita tragis yang membawa dampak global.
Menurut data global Google, Damar Hamlin adalah orang yang paling dicari di penelusuran Google tahun ini. Hamlin adalah atlet football Amerika yang mengalami serangan jantung nyaris mematikan di lapangan saat pertandingan pada Januari lalu.
Di tempat kedua ada aktor Jeremy Renner yang selamat dari kecelakaan bajak salju fatal pada awal tahun 2023. Sementara itu, mendiang bintang serial Friends, Matthew Perry, dan penyanyi Tina Turner memimpin tren penelusuran di antara orang-orang terkenal yang meninggal dunia.
Di dunia hiburan, Barbie mendominasi tren penelusuran film di Google tahun ini, diikuti Oppenheimer dan film thriller India, Jawan. Untuk serial televisi, The Last of Us, yang turut didukung aktris Indonesia, Christine Hakim, berada di puncak pencarian. Serial-serial ini diikuti pencarian untuk Wednesday dan Ginny and Georgia.
Sementara untuk lagu, judul yang paling dicari justru dari Yoasobi, duo asal Jepang dengan lagunya ”Idol”. Sebagai perbandingan, pada 2022, lagu yang paling dicari adalah ”Pasoori” yang dilantunkan Ali Sethi asal Pakistan, diikuti ”Butter” yang dinyanyikan kelompok musik Korea Selatan, BTS.
Tahun 2023, posisi lagu kedua yang membuat penasaran publik adalah ”Try That in a Small Town” karya Jason Aldean dari Amerika Serikat yang kontroversial karena dituduh mempromosikan kekerasan dengan senjata api. Lantas di posisi ketiga ada ”Bzrp Music Sessions, Vol. 53” dari Spanyol.
Daftar ini hanyalah puncak gunung es dari jutaan topik yang dicari di mesin pencari Google. Untuk menu masakan, misalnya, pada 2023 ini bibimbap dari Korea Selatan adalah menu paling populer di Google. Inter Miami CF, rumah baru bintang sepak bola Argentina, Lionel Messi memimpin tren pencarian tim olahraga di Google. Khusus di AS, banyak konsumen menghabiskan tahun 2023 dengan bertanya mengapa telur, tiket Taylor Swift, dan saus sriracha begitu mahal.
Rizz, yang baru-baru ini disebut sebagai kata terbaik tahun ini di Oxford, adalah yang terdepan dalam pertanyaan tentang definisi bahasa gaul yang sedang tren.
Wikipedia
Google bukan satu-satunya yang memublikasikan data tahunan menjelang akhir tahun 2023. Pekan lalu, Wikipedia merilis daftar yang paling banyak dilihat pada akhir tahun. Artikel tentang ChatGPT merupakan artikel di Wikipedia yang paling banyak dibaca orang dengan 49,49 juta kali dibaca dalam versi bahasa Inggris dan total 78 juta dalam berbagai bahasa.
Artikel kedua adalah kematian di tahun 2023 yang dibaca 42,67 juta kali, diikuti 2023 Cricket World Cup (38,1 juta), Indian Premier League (32 juta), dan Oppenheimer (28 juta). Menurut laporan Wikipedia, artikel Wikipedia bahasa Inggris mendapat tingkat perhatian yang konsisten sepanjang paruh pertama tahun ini, yaitu antara 100.000 dan 400.000 klik per hari. (AP)