logo Kompas.id
β€Ί
Internasionalβ€ΊChina Simulasikan Serangan ke ...

China Simulasikan Serangan ke Taiwan, Taipei Aktifkan Sistem Rudal

Militer China tengah menyimulasikan pergerakan peralatan tempurnya untuk menyerang Taiwan. Media negara itu melaporkan, latihan difokuskan pada peningkatan kemampuan militer China melancarkan serangan darat dan laut.

Oleh
MAHDI MUHAMMAD
Β· 1 menit baca
 Beberapa pesawat tempur Mirage milik Angkatan Udara Taiwan bersiap di landasan pacu Pangkalan Udara Militer Hsinchu, Taiwan, Jumat (5/8/2022).
AP PHOTO/JOHNSON LAI

Beberapa pesawat tempur Mirage milik Angkatan Udara Taiwan bersiap di landasan pacu Pangkalan Udara Militer Hsinchu, Taiwan, Jumat (5/8/2022).

BEIJING, SABTU β€” Pejabat Taiwan menyebut, pergerakan sejumlah pesawat tempur dan kapal perang China pada latihan militer di sekitar Selat Taiwan, Sabtu (6/8/2022), menyimulasikan pergerakan yang akan dilakukan jika Pasukan Pembebasan Rakyat (PLA) China menyerang wilayah Taiwan. Hal itu terindikasi dari pergerakan sejumlah jet tempur, kapal perang, dan pesawat nirawak China yang telah melintasi garis tengah Selat Taiwan, garis median pemisah tidak resmi antara wilayah laut China dan Taiwan.

Beijing mengklaim Taiwan sebagai bagian dari teritorialnya. Namun, wilayah pulau itu memerintah secara mandiri sejak 1949. Pada tahun tersebut, pemimpin komunis Mao Zedong menguasai Beijing setelah mengalahkan pemimpin Kuomintang (KMT) Chiang Kai-shek yang menyingkir dan mendirikan pemerintahan Taiwan.

Editor:
MUHAMMAD SAMSUL HADI
Bagikan