logo Kompas.id
InternasionalAmnesty International Ungkap...

Amnesty International Ungkap Pelanggaran, Ukraina Menyanggah

Dalam laporannya, Amnesty International menyimpulkan ada kejahatan perang oleh Rusia. Di sisi lain, organisasi itu juga menemukan bukti dan kesaksian pasukan Ukraina sengaja membahayakan warga sipil.

Oleh
KRIS MADA
· 1 menit baca
Warga mengantre untuk menerima pembagian roti di pos distribusi bantuan kemanusiaan di Zaprorizhia, Ukraina, 4 Agustus 2022.
AP PHOTO/ANDRIY ANDRIYENKO

Warga mengantre untuk menerima pembagian roti di pos distribusi bantuan kemanusiaan di Zaprorizhia, Ukraina, 4 Agustus 2022.

KYIV, JUMAT — Ukraina marah setelah Amnesty International mengungkap penggunaan fasilitas sipil untuk keperluan militer Ukraina. Kyiv menuding Amnesty International membantu Rusia ”membersihkan diri”. Sebelum Amnesty International, Perserikatan Bangsa-Bangsa lebih dulu menyimpulkan dugaan penggunaan sipil untuk keperluan militer Ukraina.

Amnesty International menyiarkan temuan penyelidikan di Ukraina pada Kamis (4/8/2022) pagi. Pada Kamis malam waktu Kyiv atau Jumat dini hari WIB, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengungkapkan kemarahan atas laporan itu. ”Laporan itu mewakili upaya pengampunan kepada negara teroris dan mengalihkan kesalahan dari penjajah ke korban,” katanya.

Editor:
FRANSISCA ROMANA
Bagikan