logo Kompas.id
โ€บ
Internasionalโ€บSentralitas ASEAN Bisa Redam...

Sentralitas ASEAN Bisa Redam Ketegangan Indo-Pasifik

ASEAN perlu mewaspadai eskalasi situasi di Selat Taiwan. Akan tetapi, ASEAN juga harus mengupayakan situasi damai berbasis sentralitas ASEAN itu sendiri.

Oleh
LARASWATI ARIADNE ANWAR
ยท 1 menit baca
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Indonesia Joko Widodo dalam pertemuan AS-ASEAN di Washington, Amerika Serikat, pada 13 Mei 2022.
AFP/BRENDAN SMIALOWSKI

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Indonesia Joko Widodo dalam pertemuan AS-ASEAN di Washington, Amerika Serikat, pada 13 Mei 2022.

JAKARTA, KOMPAS โ€“ Di tengah suasana yang kian memanas di Selat Taiwan, cara pandang Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang mengutamakan sentralitas ataupun ambiguitas dalam bertindak menjadi kelebihan. ASEAN bisa menjadi penenang dan pendingin suasana dengan mengingatkan kembali setiap pihak bahwa segala kerja sama di Indo-Pasifik bertujuan untuk keterbukaan, inklusivitas, dan kesejahteraan bersama.

โ€Di dalam hubungan internasional tidak semua hal harus dijabarkan dengan tegas sehingga membuat pihak-pihak terlibat harus memilih aliansi tertentu. Justru fakta yang ambigu merupakan nilai positif yang membuat situasi menjadi tenang serta kondusif untuk semua orang,โ€ kata Shofwan Al Banna Choiruzzad, Sekretaris Eksekutif Pusat Studi ASEAN Universitas Indonesia, dalam seminar daring yang diselenggarakan The Habibie Center di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Editor:
FRANSISCA ROMANA
Bagikan