logo Kompas.id
β€Ί
Internasionalβ€ΊPergerakan Pasukan Rusia Beri ...
Iklan

Pergerakan Pasukan Rusia Beri Isyarat, Pertempuran Besar Bakal Meletus di Donbas

Setelah mundur dari Kiev, pasukan Rusia kini bergerak ke wilayah timur Ukraina yang dikuasai kelompok separatis. Rusia terlihat menghimpun personel dan artileri untuk menyerang Donbas dalam waktu dekat.

Oleh
LUKI AULIA
Β· 1 menit baca
Seorang perempuan berjalan dengan menarik tasnya, melewati rumah-rumah yang hancur akibat pertempuran di Mariupol, Ukraina, 8 April 2022.
AP/ALEXEI ALEXANDROV

Seorang perempuan berjalan dengan menarik tasnya, melewati rumah-rumah yang hancur akibat pertempuran di Mariupol, Ukraina, 8 April 2022.

LVIV, SELASA β€” Fokus invasi Rusia di Ukraina kini akan beralih merebut wilayah Donbas di bagian timur dengan sasaran utama Pelabuhan Mariupol. Ukraina khawatir Rusia akan memulai serangannya di wilayah itu dalam waktu dekat setelah mundur dari Kiev, Ukraina utara. Ribuan orang diduga sudah tewas di Mariupol karena dikepung pasukan Rusia selama hampir tujuh pekan sejak invasi dimulai pada 24 Februari lalu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan, Rusia sudah mempersiapkan ribuan tentara untuk menyerang wilayah itu. Kanselir Austria Karl Nehammer, yang bertemu langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, juga mengutarakan kekhawatiran yang sama.

Editor:
MUHAMMAD SAMSUL HADI
Bagikan