logo Kompas.id
InternasionalSiap-siap Masuk Dekade Perang ...

Siap-siap Masuk Dekade Perang Dingin Ekonomi

Dunia sedang menuju perang dingin ekonomi yang dipicu semakin tajamnya persaingan antara Amerika Serikat dan China. Era ini diperkirakan akan berlangsung satu dekade ke depan.

Oleh
LARASWATI ARIADNE ANWAR
· 1 menit baca
Kombinasi foto menunjukkan President Amerika Serikat Joe Bidendi Washington, 6 November 2021, dan Presiden China Xi Jinping di  Brasília, 13 November 2019. (AP Photo/Alex Brandon, Eraldo Peres)
AP PHOTO/ALEX BRANDON, ERALDO PERES

Kombinasi foto menunjukkan President Amerika Serikat Joe Bidendi Washington, 6 November 2021, dan Presiden China Xi Jinping di Brasília, 13 November 2019. (AP Photo/Alex Brandon, Eraldo Peres)

JAKARTA, KOMPAS - Kompetisi antara Amerika Serikat dan China yang menajam akan membentuk perang dingin ekonomi baru. Situasi menjadi kompleks dengan sejumlah persoalan mutakhir lainnya yang ikut menggempur tatanan lama.

”Tampaknya persaingan geoekonomi ini semakin kentara sudah bergerak menyerupai, kalau boleh terminologinya adalah, the new economic cold war,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar pada pidato kunci seminar daring Universitas Prasetiya Mulya di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Editor:
FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
Bagikan