logo Kompas.id
InternasionalAnggaran Militer Naik 21...

Anggaran Militer Naik 21 Miliar Dollar AS, China Tambah Kapal Induk dan Jet Tempur

Dengan anggaran 230 miliar dollar AS, China disebut akan meluncurkan kapal induk ketiga. Beijing juga disebut akan memacu produksi jet tempur J-20 yang dituding sejumlah pihak sebagai tiruan F-22 dan F-35.

Oleh
KRIS MADA
· 1 menit baca
 Foto yang dirilis Rabu (5/1/2011) ini mempertunjukkan sejumlah orang berkerumun di sekitar pesawat siluman jenis <i>stealth</i> J-20 bikinan China, beberapa saat sebelum uji coba purwarupa pesawat jenis itu di landas pacu Chengdu, China barat daya. Penambahan J-20 menjadi salah satu fokus China dengan anggaran pertahanan 230 miliar dollar AS pada 2022.
P Photo/Kyodo News

Foto yang dirilis Rabu (5/1/2011) ini mempertunjukkan sejumlah orang berkerumun di sekitar pesawat siluman jenis stealth J-20 bikinan China, beberapa saat sebelum uji coba purwarupa pesawat jenis itu di landas pacu Chengdu, China barat daya. Penambahan J-20 menjadi salah satu fokus China dengan anggaran pertahanan 230 miliar dollar AS pada 2022.

BEIJING, MINGGU — China akan menambah anggaran pertahanan tahun 2022 menjadi 230 miliar dollar AS. Dengan anggaran itu, China akan menambah kapal induk, jet tempur siluman (stealth), dan memutakhirkan persenjataan nuklirnya. Beijing juga akan menggencarkan latihan perang dengan beragam skenario yang lebih sesuai dengan perkembangan kiwari.

Anggaran pertahanan China itu terungkap dalam sidang paripurna Dewan Rakyat Nasional (NPC), Sabtu (5/3/ 2022), di Beijing. China mengungkap sejumlah kenaikan dalam APBN 2022, termasuk anggaran pertahanan dan diplomasi.

Editor:
MUHAMMAD SAMSUL HADI
Bagikan