logo Kompas.id
β€Ί
Internasionalβ€ΊUni Eropa Wacanakan Penutupan ...
Iklan

Uni Eropa Wacanakan Penutupan Pasar Satwa Liar

Pandemi Covid-19 mengungkap ancaman dan kekurangan pada sistem kesehatan global. Uni Eropa, dalam inisiatifnya menggulirkan kesepakatan global mencegah pandemi di masa depan, mewacanakan penutupan pasar satwa liar.

Oleh
ROBERTUS BENNY DWI KOESTANTO
Β· 4 menit baca
Sejumlah pelajar menyapu halaman sebuah sekolah negeri di Harare, Rabu (9/2/2022). Pemogokan gaji oleh para guru telah melumpuhkan pembelajaran di banyak sekolah di Zimbabwe sehingga terlambat dibuka pada Senin setelah penutupan berkepanjangan akibat pandemi.  (AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi)
TM

Sejumlah pelajar menyapu halaman sebuah sekolah negeri di Harare, Rabu (9/2/2022). Pemogokan gaji oleh para guru telah melumpuhkan pembelajaran di banyak sekolah di Zimbabwe sehingga terlambat dibuka pada Senin setelah penutupan berkepanjangan akibat pandemi. (AP Photo/Tsvangirayi Mukwazhi)

BRUSSELS, RABU – Uni Eropa mendorong traktat atau kesepakatan global untuk mencegah pandemi baru. Wacana yang muncul, antara lain, adalah larangan adanya pasar satwa liar hingga pemberian insentif bagi negara-negara untuk melaporkan virus atau varian baru virus tertentu.

Sumber dari kalangan diplomat Uni Eropa (UE) mengungkapkan, para perunding bertemu untuk pertama kali di Brussels, Belgia, Rabu (9/2/2022). Targetnya, pembicaraan akan menghasilkan kesepakatan awal traktat pada Agustus tahun ini.

Editor:
FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
Bagikan