logo Kompas.id
InternasionalUji Coba Rudal dan Wacana Serangan terhadap Korut

Uji Coba Rudal dan Wacana Serangan terhadap Korut

Korea Utara kembali menguji coba rudal balistik. Uji coba ketiga dalam waktu hanya dua pekan ini disambut wacana serangan lebih dulu atau ”preemptive strikes” di Korea Selatan, terlebih jika jalan diplomasi buntu.

Oleh
BENNY D KOESTANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/ANTHONY WALLACE

Seorang pria melintas di depan televisi yang menampilkan laporan tentang uji coba rudal Korea Utara di stasiun kereta api di Seoul, Jumat (14/1/2022). Ini uji coba terbaru Korut yang dinyatakan Pyongyang sebagai jawaban atas penerapan sanksi oleh Amerika Serikat sehari sebelumnya.

Semenanjung Korea tengah dilanda kekhawatiran sekaligus ”panas hati”. Tahun baru belum dua pekan berjalan, tetapi Korea Utara telah tiga kali menggelar uji coba rudal. Wacana tentang serangan lebih dulu guna mencegah Pyongyang makin serampangan sewaktu-waktu berkembang di tengah dinamika politik Korea Selatan.

Uji coba rudal terbaru dilakukan Pyongyang pada Jumat (14/1/2022). Sebanyak dua rudal balistik jarak pendek diluncurkan dari daerah pedalaman di Pyongan, kata otoritas militer Korsel. Aksi Pyongyang itu juga dilaporkan oleh Kantor Perdana Menteri dan Kementerian Pertahanan Jepang di Tokyo. Pasukan penjaga pantai Jepang bahkan meminta kapal-kapal di perairan Jepang untuk melaporkan setiap benda yang meluncur dan jatuh di kawasan perairan sekitar Jepang.

Editor:
Fransisca Romana
Bagikan