logo Kompas.id
InternasionalSusahnya Melarang Orang...
Iklan

Susahnya Melarang Orang Meludah, India Punya Beragam Kisah

Kampanye stop meludah gencar dilakukan di India karena kebiasaan itu dianggap bisa menyebarkan Covid-19. Namun, kampanye ini tak mudah. Meludah di negara itu sudah menjadi semacam tradisi yang sulit dihilangkan.

Oleh
Luki Aulia
· 1 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/oO9vTuuQ6KZsrlzXYJmVMCLnwko=/1024x768/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F12%2FIndia-Daily-Life_100918119_1640661732.jpg
AP PHOTO/RAJESH KUMAR SINGH

Para pekerja minum teh untuk menjaga tubuh mereka tetap hangat sebelum memulai bekerja pada pagi hari di New Delhi, India, 23 Desember 2021. Sejumlah pihak di India berupaya agar warga di negara itu menghentikan kebiasaan meludah di sembarang tempat.

”Jangan meludah sembarangan”. Sejak pandemi Covid-19, tulisan berisi imbauan untuk tidak meludah sembarangan seperti ini semakin banyak dipasang di segala penjuru wilayah di India. Sebenarnya kampanye ”stop meludah” di India sudah dimulai sejak bertahun-tahun lalu. Namun, belakangan anjuran itu kian gencar karena Covid-19 dan TBC bisa menular salah satunya melalui ludah.

Raja dan Priti Narasimhan, warga kota Pune, kepada BBC News, pekan lalu, menceritakan bahwa keduanya mulai berkampanye keliling India membawa pesan stop meludah di tempat umum. Pasangan suami istri itu keliling India dengan mobil yang penuh tulisan berisi seruan untuk stop meludah dan dilengkapi dengan pengeras suara.

Editor:
Muhammad Samsul Hadi
Bagikan