logo Kompas.id
InternasionalSenat AS Setujui Penjualan Senjata ke Arab Saudi

Senat AS Setujui Penjualan Senjata ke Arab Saudi

Senat Amerika Serikat menyetujui rencana Presiden Joe Biden menjual persenjataan ke Arab Saudi di tengah krisis di Yaman dan buntunya penyelidikan kematian wartawan Jamal Kashoggi.

Oleh
Laraswati Ariadne Anwar
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/EVAN VUCCI, FILE

Dalam foto yang diambil pada 4 Februari 2021 ini tampak Presiden Amerika Serikat Joe Biden tengah menyampaikan kebijakan luar negerinya di Kantor Kementerian Luar Negeri AS di Washington.

WASHINGTON, RABU — Senat Amerika Serikat selesai melakukan pemungutan suara terkait resolusi menolak penjualan persenjataan ke Arab Saudi. Hasilnya diumumkan pada Selasa (7/12/2021) malam waktu setempat. Mayoritas anggota Senat menolak resolusi itu dan memberi lampu hijau kepada pemerintah Presiden Joe Biden untuk menjual rudal jarak menengah kepada Arab Saudi.

Keputusan itu diambil setelah dalam pemungutan suara sebanyak 67 suara setuju dengan penjualan senjata ke Saudi melawan 30 suara yang kontra. Para anggota yang menolak, di antaranya,  Senator Rand Paul dan Mike Lee dari Partai Republik. Sementara dari Partai Demokrat di antaranya Bernie Sanders, Elizabeth Warren, dan Patty Murray. Sanders sempat dua kali menjadi bakal calon presiden AS.

Editor:
Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan