logo Kompas.id
InternasionalSkeptisisme Mencuat Jelang Perundingan Nuklir Iran

Skeptisisme Mencuat Jelang Perundingan Nuklir Iran

Para pihak yang terlibat dalam perundingan program nuklir Iran skeptis ada jalan keluar dari kebuntuan. Gedung Putih sejauh ini dinilai sangat lunak terhadap Iran, yang dinilai tidak patuh.

Oleh
Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP PHOTO / SATELLITE IMAGE ©2021 MAXAR TECHNOLOGIES

Foto gambar udara fasilitas nuklir Iran di Natanz, selatan ibu kota Teheran, yang diambil pada 28 Januari 2020. Perundingan tidak langsung antara Iran dan Amerika Serikat akan dimulai lagi, Senin (29/11/2021) di Vienna, Austria.

VIENNA, MINGGU — Pemerintah Amerika Serikat melihat ada peluang untuk mencapai kesepakatan ketika AS dan Iran kembali melanjutkan perundingan soal program nuklirnya, Senin (29/11/2021). Namun, keinginan untuk mendapatkan hasil maksimal dari proses perundingan yang alot, ditambah tekanan dari dalam negeri, membuat para pihak skeptis negosiasi ini bisa menemukan jalan keluar terbaik bagi semua pihak.

Tim perunding Iran yang dipimpin Wakil Menteri Luar Negeri Ali Bagheri Kani, menurut kantor berita Iran, IRNA, telah tiba di Vienna, Sabtu (27/11/2021). Tim perunding Amerika Serikat yang dipimpin Utusan Khusus untuk Iran Rob Malley juga dikabarkan telah tiba.

Editor:
Fransisca Romana
Bagikan