logo Kompas.id
InternasionalIMF Tak Dukung Penggunaan Bitcoin di El Salvador

IMF Tak Dukung Penggunaan Bitcoin di El Salvador

IMF dalam evaluasi tahunannya terhadap perekonomian El Salvador mengangkat, antara lain, kebijakan negara itu mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran sah. Pertimbangannya, volatilitas uang digital amat tinggi.

Oleh
Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
REUTERS/YURI GRIPAS/FILE FOTO

Logo Dana Moneter Internasional (IMF) terlihat di luar gedung kantor pusat di Washington, Amerika Serikat, 4 September 2018.

SAN SALVADOR, SELASA — Dana Moneter Internasional (IMF) tidak mendukung kebijakan Pemerintah El Salvador menggunakan mata uang digital bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Tingginya volatilitas nilai tukar jadi alasan IMF.

”Mengingat tingginya volatilitas harga bitcoin, penggunaannya sebagai alat pembayaran yang sah menimbulkan risiko besar terhadap perlindungan konsumen, integritas keuangan, dan stabilitas keuangan,” kata IMF dalam pernyataan penutup kunjungan tahunan untuk sesi konsultasi ke El Salvador, Senin (22/11/2021). IMF juga menyatakan, penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah akan memaksa anggaran pemerintah mengalokasikan skema darurat.

Editor:
laksanaas
Bagikan