logo Kompas.id
InternasionalGoogle Kembali Setuju Bayar Kantor Berita

Google Kembali Setuju Bayar Kantor Berita

Menurut hukum Uni Eropa, perusahaan teknologi harus berunding dengan penerbit atau pemilik hak atas berita-berita yang ditampilkan di mesin pencari atau laman perusahaan teknologi.

Oleh
Kris Mada
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Dalam foto pada Mei 2019 ini terlihat kantor utama Google, disebut sebagai Google Campus, di California, Amerika Serikat. Pada November 2021, induk Google, Alphabet, kembali bersepakat dengan perusahaan media untuk membayar berita-berita yang diakses berdasarkan tautan dari mesin pencari Google.

PARIS, KAMIS — Google kembali setuju membayar kantor berita Eropa untuk berita yang diakses dari mesin pencari. Kesepakatan terbaru dicapai dengan Agence France-Presse (AFP) dan berlaku selama lima tahun.

AFP dan Google mengakui kesepakatan itu pada Rabu (16/11/2021) sore waktu Perancis atau Kamis (18/11/2021) dini hari WIB. Kesepakatan selama lima tahun yang tidak diungkap nilainya itu mengatur Google akan membayar AFP atas berita-berita AFP yang diakses pembaca setelah mencarinya di Google. Dengan dana Google, AFP juga akan memberikan pelatihan cara memeriksa fakta.

Editor:
Fransisca Romana
Bagikan