logo Kompas.id
InternasionalUE Ajak Indonesia Cegah Kebuntuan Konferensi Iklim

UE Ajak Indonesia Cegah Kebuntuan Konferensi Iklim

UE menyediakan sedikitnya 30 miliar dollar AS untuk mendanai proses transisi energi di negara berkembang dan miskin. Bank Pembangunan Eropa telah menjajaki peluang terlibat dalam pengembangan energi bersih di Indonesia.

Oleh kris mada
· 1 menit baca
Memuat data...
BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN/MUCHLIS JR

Presiden Joko Widodo menerima Wakil Ketua Komisi Eropa Bidang Kesepakatan Hijau Eropa Frans Timmermans (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS — Uni Eropa mengajak Indonesia aktif mencegah kebuntuan dalam konferensi iklim di Glasgow, Skotlandia, pada akhir Oktober 2021. Uni Eropa juga mendesak negara-negara maju mewujudkan komitmen menyediakan dana transisi energi bagi negara-negara miskin dan berkembang.

Wakil Ketua Komisi Eropa Bidang Kesepakatan Hijau Eropa Frans Timmermans mengatakan, Indonesia terkenal bisa menjadi perantara yang baik. Dalam konferensi iklim (COP 26) di Glasgow, ada kemungkinan terjadi kebuntuan. Karena itu, Indonesia diharapkan bisa berperan aktif mencegah kebuntuan tersebut. ”Terutama di antara negara maju dan berkembang,” katanya dalam wawancara khusus dengan Kompas dan The Jakarta Post, Selasa (19/10/2021), di Jakarta.

Editor: samsulhadi
Bagikan