logo Kompas.id
InternasionalPengunduran Diri Utusan Khusus untuk Afghanistan, Kegagalan Diplomasi AS

Pengunduran Diri Utusan Khusus untuk Afghanistan, Kegagalan Diplomasi AS

Pejabat dan mantan pejabat AS menyebut pengunduran diri Utusan Khusus AS untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad sebagai salah satu bentuk kegagalan diplomatik terbesar AS dalam sejarah.

Oleh Pascal S Bin Saju
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/RAHMAT GUL

Dalam foto dokumentasi 5 Mei 2020 ini, gambar grafiti Utusan Khusus AS untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad (kiri) dan gambar Kepala Kantor Politik Taliban di Doha Mullah Abdul Ghani Baradar terpampang di sebuah tembok tepi jalan di Kabul, Afghanistan.

WASHINGTON, SELASA — Utusan Khusus Amerika Serikat untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad (70) telah mengundurkan diri. Tidak ada konfirmasi langsung darinya tentang alasan pengunduran dirinya. Namun, diduga karena kesepakatan antara Washington-Taliban di Doha, Februari 2020, berdampak tidak sesuai dengan harapan bagi perdamaian Afghanistan.

Informasi mengenai pengunduran diri Khalilzad disampaikan oleh Departemen Luar Negeri AS, Senin (18/10/2021), di Washington DC, AS. ”Saya mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama beberapa dekade kepada rakyat Amerika,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengonfirmasi pengunduran diri Khalilzad.

Editor: samsulhadi
Bagikan