logo Kompas.id
InternasionalTanpa Target, 100 Negara Deklarasikan Perlindungan Keanekaragaman Hayati

Tanpa Target, 100 Negara Deklarasikan Perlindungan Keanekaragaman Hayati

Lebih dari 100 negara menandatangani Deklarasi Kunming. Namun, niat untuk mengarusutamakan perlindungan keanekaragaman hayati dalam pengambilan kebijakan itu tidak disertai target spesifik dan dukungan riil.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Presiden China berbicara dalam Konferensi Keanekaragaman Hayati (COP 15) yang berlangsung di Kunming, Provinsi Yunnan, China, Selasa (12/10/2021). Konferensi para pihak itu menghasilkan Deklarasi Kunming, yang diharapkan memperbarui Deklarasi Aichi 2010, yang sama sekali tidak mencapai target apa pun yang ditetapkan di dalamnya.

KUNMING, RABU — Pemerintahan lebih dari 100 negara, Rabu (13/10/2021), menandatangani Deklarasi Kunming, sebuah rumusan tentang tekad negara-negara untuk melindungi keanekaragaman hayati. Namun, deklarasi itu tak disertai komitmen khusus dan target spesifik untuk implementasinya.

Deklarasi Kunming merupakan salah satu hasil dari Konferensi Keanekaragaman Hayati yang digelar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Kota Kunming, Provinsi Yunan, China, 11-15 Oktober. Tujuan utama forum tersebut adalah menetapkan kerangka kerja keanekaragaman hayati global pasca-2020.

Editor: laksanaas
Bagikan
Memuat data..