logo Kompas.id
InternasionalPBB: Penduduk Korea Utara Terancam Kelaparan

PBB: Penduduk Korea Utara Terancam Kelaparan

Banyak keluarga di Korut tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tak sedikit warga yang harus meminjam uang ataupun barang, serta atau menjual barang-barang rumah tangga untuk bertahan hidup.

Oleh BENNY D KOESTANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP PHOTO / KCNA VIA KNS

Dalam foto yang dirilis kantor berita Korut, KCNA, pada 21 Mei 2013, terlihat Pemimpin Korut Kim Jong Un tengah meninjau kawasan peternakan di sebuah lokasi yang tidak disebutkan. Krisis pangan dilaporkan PBB tengah terjadi di Korut pada masa pandemi Covid-19 saat-saat ini.

NEW YORK, RABU — Penyelidik Perserikatan Bangsa-Bangsa melaporkan ancaman krisis pangan dan kelaparan yang dihadapi warga Korea Utara, terutama saat pembatasan sosial yang ketat akibat pandemi. Anak-anak dan kaum lanjut usia paling rentan kelaparan.

Tomas Oeja Quintana, dalam laporan kepada Majelis Umum PBB, Rabu (13/10/2021), menyebutkan, sektor pertanian Korut mengalami tekanan berat. Tekanan ini memengaruhi produksi pangan. Sektor tanaman pangan terdampak penurunan impor pupuk dan barang pertanian lain dari China akibat sanksi PBB dan komunitas internasional terkait dengan program nuklir. Kondisi ini diperburuk wabah demam babi Afrika.

Editor: Fransisca Romana
Bagikan
Memuat data..