logo Kompas.id
InternasionalDunia Desak Taliban Buka Akses untuk Bantuan Kemanusiaan di Afghanistan

Dunia Desak Taliban Buka Akses untuk Bantuan Kemanusiaan di Afghanistan

Masyarakat internasional mendesak Taliban agar membuka akses ke wilayah Afghanistan bagi penyaluran bantuan kemanusiaan untuk rakyat yang dililit penderitaan di negara itu.

Oleh Pascal S Bin Saju
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/GREGORIO BORGIA

Perdana Menteri Italia Mario Draghi bertemu dengan para wartawan saat konferensi pers seusai KTT Luar Biasa G-20 yang diselenggarakan secara daring untuk membahas krisis Afghanistan di Roma, Selasa, 12 Oktober 2021. Uni Eropa menjanjikan paket bantuan 1 miliar euro untuk mendukung rakyat Afghanistan, Selasa (12/10/2021).

ROMA, RABU — Dunia mulai menggalang  bantuan bagi warga Afghanistan untuk mencegah krisis kemanusiaan di negeri yang tengah dilanda kesulitan ekonomi itu. Bantuan akan ditujukan kepada rakyat, bukan pemerintahan Taliban, serta bukan sebagai pengakuan terhadap pemerintahan Taliban.

Bantuan itu, antara lain, datang dari Uni Eropa, negara-negara anggota G-20, dan Amerika Serikat. Janji paket bantuan Uni Eropa (UE) dan G-20 diumumkan pada konferensi virtual tingkat tinggi luar biasa G-20, Selasa (12/10/2021). Indonesia juga sudah  menyatakan komitmen bantuannya.

Editor: samsulhadi
Bagikan
Memuat data..