logo Kompas.id
InternasionalAS Terus Perluas Aliansi Anti-China

AS Terus Perluas Aliansi Anti-China

Ada dua aliansi anti-China yang tengah berkembang di kawasan: Quad dan AUKUS. Quad fokus pada kerja sama nonmiliter. AUKUS fokus pada aliansi militer. Semua bertujuan menghadang China.

Oleh
kris mada
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/EVAN VUCCI

Perdana Menteri Australia Scott Morrison (kiri), PM India Narenda Modi (kedua dari kiri), Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kedua dari kanan), dan PM Jepang  Yoshihide Suga (kanan) di Gedung Putih, Jumat (24/9/2021). Untuk pertama kalinya, pemimpin empat negara dalam aliansi yang disebut Quad itu bertemu secara langsung.

WASHINGTON, SABTU — Amerika Serikat mengepung China dengan berbagai inisiatif. Kali ini, Amerika Serikat mengonsolidasikan Quad, aliansi yang melibatkan Amerika Serikat, Australia, India, dan Jepang. Melalui aliansi ini, Amerika Serikat mencoba merangkul pihak yang belum bergabung dalam aliansi menghadang Beijing.

Quad menggelar pertemuan di Amerika Serikat (AS), Jumat (24/9/2021) siang waktu Washington atau Sabtu dini hari WIB. Presiden AS Joe Biden menjamu Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, PM India Narenda Modi, dan PM Jepang Yoshihide Suga di Gedung Putih. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga ikut dalam pertemuan itu.

Editor:
laksanaas
Bagikan