logo Kompas.id
InternasionalTidak Ada Lagi Pasukan AS, Afghanistan Kini Sepenuhnya Dikendalikan Taliban

Tidak Ada Lagi Pasukan AS, Afghanistan Kini Sepenuhnya Dikendalikan Taliban

Tidak ada lagi pasukan AS di Afghanistan setelah Washington menuntaskan penarikan total pasukannya pascaperang 20 tahun. AS juga menutup kedutaan besarnya di Kabul dan mengalihkan operasinya ke Doha, Qatar.

Oleh Pascal S Bin Saju
· 1 menit baca
Memuat data...
AP/DEPARTMENT OF DEFENSE

Helikopter CH-47 Chinook dari Brigade Penerbangan Tempur Ke-82, Divisi Udara Ke-82, diangkut ke dalam pesawat Angkatan Udara AS, C-17 Globemaster III, di Bandar Udara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, Sabtu (28/8/2021).

KABUL, SELASA — Tidak ada lagi pasukan Amerika Serikat di Afghanistan setelah Washington menuntaskan penarikan penuh pasukannya dari Afghanistan, Senin (30/8/2021) tengah malam, sekaligus mengakhiri 20 tahun perang di negeri itu. Afghanistan pun kembali ke tampuk kekuasaan penuh Taliban yang menguasai ibu kota Kabul dan menggulingkan pemerintahan dukungan Barat sejak 15 Agustus lalu.

Tembakan salvo dan kembang api untuk merayakan kepergian pasukan AS dan berkuasa penuhnya Taliban terdengar secara serempak di sejumlah tempat di Kabul. Juru bicara Taliban, Qari Yusuf, mengatakan dalam siaran televisi Al Jazeera, ”Tentara terakhir AS telah meninggalkan Kabul. Negara kami pun memperoleh kemerdekaan penuh.”

Editor: samsulhadi
Bagikan
Memuat data..