logo Kompas.id
InternasionalBadai Ida Terjang AS, Tak Lepas dari Perubahan Iklim

Badai Ida Terjang AS, Tak Lepas dari Perubahan Iklim

Badai Ida menerjang Negara Bagian New Orleans dengan kecepatan angin 240 kilometer per jam, badai terkuat yang melanda wilayah AS saat ini. Studi tahun 2020 lalu memperlihatkan badai berhubungan dengan perubaha iklim.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/HENDRA AGUS SETYAWAN

Citra satelit yang dikeluarkan Badan Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) yang ditangkap oleh satelit GOES-16 NOAA menunjukkan badai Ida mendekati daratan di Port Fourchon, Louisiana, Amerika Serikat, Minggu (29/8/2021) waktu setempat. Dalam serangan badai itu, AP melaporkan satu orang tewas dan menyebabkan 620.000 orang hidup tanpa aliran listrik.

LOUISIANA, SENIN — Badai Ida, badai kategori 4, menghantam negara bagian Louisiana di wilayah selatan Amerika Serikat sejak Minggu (29/8/2021), menyapu pantai di Teluk Meksiko, membuat banjir di sejumlah wilayah dan hujan lebat yang menumbangkan pepohonan dan kabel listrik. Diperkirakan 1 juta warga Negara Bagian Louisiana, termasuk New Orleans, harus hidup tanpa listrik di tengah kondisi cuaca yang buruk.

Kondisi tanpa listrik di wilayah itu memperburuk situasi penanganan Covid-19. Louisiana sudah terhuyung-huyung akibat melonjaknya kasus baru Covid-19 dan sudah membebani sistem perawatan kesehatan di negara bagian tersebut. Diperkirakan 2.450 pasien Covid-19 tengah menjalani perawatan di rumah sakit di seluruh negara bagian, sebagian besar berada di unit perawatan intensif.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..