logo Kompas.id
InternasionalIntelijen AS Terbelah Soal Asal-usul Covid-19

Intelijen AS Terbelah Soal Asal-usul Covid-19

Lembaga intelijen Amerika Serikat terbelah soal asal usul Covid-19. Namun, mereka sepakat ketertutupan Pemerintah China membuat informasi soal asal-usul Covid-19 sulit diakses.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/NOEL CELIS

Kendaraan Tim Tanggap Darurat Kesehatan Wuhan, China, keluar dari Pasar Grosir Makanan Hasil Laut Huanan, yang kini telah ditutup, di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Sabtu (11/1/2020). Komisi Kesehatan Wuhan menyebutkan, korban meninggal akibat gangguan pernapasan sebelum berbelanja barang di pasar tersebut.

WASHINGTON, SABTU — Komunitas intelijen Amerika Serikat tidak yakin dapat menyelesaikan perdebatan tentang asal-muasal Covid-19. Dari lima lembaga intelijen AS yang terlibat dalam penyusunan laporan itu, hanya satu badan intelijen menilai bahwa infeksi virus ke manusia memiliki kaitan dengan laboratorium Institut Virologi Wuhan. Ini pun dengan keyakinan tingkat moderat.

Para analis lembaga-lembaga intelejen itu tidak memercayai bahwa virus tersebut dikembangkan sebagai senjata biologis. Sebagian besar lembaga percaya bahwa virus itu tidak direkayasa secara genetik. Sementara satu badan menduga kemungkinan kebocoran laboratorium Institut Virologi Wuhan.

Editor: laksanaas
Bagikan
Memuat data..