logo Kompas.id
InternasionalBezos Berupaya Menikung Musk di Proyek Artemis

Bezos Berupaya Menikung Musk di Proyek Artemis

Pemilik Blue Origin, Jeff Bezos, berupaya mengganjal kemenangan SpaceX untuk proyek penerbangan ke Bulan yang digawangi NASA.

Oleh Laraswati Ariadne Anwar
· 1 menit baca
Memuat data...
BLUE ORIGIN VIA AP

Gambar ilustrasi yang diriils oleh Blue Origin ini memperlihatkan kapsul luar angkasa yang digunakan untuk membawa wisatawan ke luar angkasa.

SEATTLE, SELASA — Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA telah menyatakan perusahaan teknologi SpaceX yang digawangi Elon Musk sebagai pemenang lelang untuk proyek penerbangan ke Bulan. Akan tetapi, miliarder Jezz Bezos yang memiliki perusahaan Blue Origin berusaha menggagalkan rencana tersebut. Ia menikung Musk dengan menawarkan kepada NASA harga yang jauh lebih murah untuk pembuatan modul misi ke Bulan tersebut.

Pengumuman itu disampaikan secara tertulis oleh Bezos pada Senin (26/7/2021). Di dalam keterangannya, ia mengatakan, pihaknya menawarkan kepada NASA harga 2 miliar dollar AS lebih murah daripada harga SpaceX sebesar 2,9 miliar dollar AS. Sebagai gantinya, Blue Origin menjadi pemenang lelang pembuatan roket ataupun modul antariksa untuk Proyek Artemis dengan harga yang tidak bisa ditawar lagi.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..