logo Kompas.id
InternasionalWashington Restui Proyek Pipa Gas Rusia, Ukraina Marah pada AS-Jerman

Washington Restui Proyek Pipa Gas Rusia, Ukraina Marah pada AS-Jerman

Bagi Rusia, Nord Stream 2 adalah kepentingan nasional dan harus dibela dengan serius. Nord Stream 2 bisa membuat jaringan lama yang melewati Ukraina-Polandia menjadi kurang bermanfaat.

Oleh kris mada
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/JOHN MACDOUGALL

Pipa untuk proyek Nord Stream 2 di Lubmin, Rusia, November 2011. Proyek berbiaya 11 miliar dollar AS itu membentang 1.224 kilometer dari Rusia menuju Jerman dan sejumlah negara Eropa. Sebagian pipa ditanam di dasar Laut Baltik, lalu menuju Jerman. Proyek Nord Stream 2 melancarkan pasokan energi dari Rusia ke Eropa.

KIEV, KAMIS — Ukraina marah kepada Amerika Serikat dan Jerman. Pemicu kemarahan Kiev adalah restu Washington untuk proyek pipa gas dari Rusia ke Jerman, Nord Stream 2. Restu itu dinilai sebagai hadiah bagi Moskwa dan pukulan bagi Kiev.

Kanselir Jerman Angela Merkel menyebut kesepakatan dengan AS adalah persetujuan pragmatis. Dalam pernyataan pada Kamis (22/7/2021), di Berlin, Pemerintah Jerman disebut akan ikut menggalang dana hingga 1 miliar dollar AS bagi Ukraina. Jerman akan menyediakan total 175 juta dollar AS untuk penggalangan tersebut. Berlin juga akan menghibahkan tambahan 70 juta dollar AS ke Kiev.

Editor: samsulhadi
Bagikan
Memuat data..