logo Kompas.id
InternasionalRatusan Orang di Uganda Disuntik dengan Vaksin Covid-19 Palsu

Ratusan Orang di Uganda Disuntik dengan Vaksin Covid-19 Palsu

Program vaksinasi palsu di Uganda, yang melibatkan dokter dan petugas kesehatan, ini oleh otoritas setempat disebut sebagai perbuatan ”tidak bermoral”.

Oleh Pascal S Bin Saju
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/NICHOLAS BAMULANZEKI

Dalam foto yang diambil pada Senin (31/5/2021) ini tampak seorang warga menerima vaksin Covid-19 di landasan udara perintis di Kololo, Kampala, Uganda. Karena sejumlah rumah sakit di Uganda yang memiliki bangsal perawatan Covid-19 menerapkan tarif mahal, banyak warga memilih melakukan pengobatan sendiri di rumah dengan obat-obatan tradisional atau herbal.

KAMPALA, KAMIS — Sedikitnya 800 orang di Uganda, Afrika Timur, menerima vaksin Covid-19 palsu. Bahkan, sebagian di antaranya disuntik dengan air. Program vaksinasi palsu ini melibatkan dokter dan petugas kesehatan. Tindakan itu dikecam keras oleh otoritas setempat dan disebut sebagai tindakan ”tidak bermoral”.

Otoritas Uganda, seperti dikutip dari AFP, Kamis (22/7/2021) pagi, mengatakan, vaksin palsu itu diberikan pada Mei dan Juni. Periode tersebut merupakan puncak pandemi Covid-19 yang paling mematikan di Uganda. Saat itu tercatat ada sekitar 1.700  kasus baru per hari.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..