logo Kompas.id
InternasionalJerman Resmikan Komando Antariksa

Jerman Resmikan Komando Antariksa

Jerman tak mau ketinggalan dalam persaingan antariksa dan meresmikan pusat komando sendiri. Tujuan komando antariksa untuk melindungi satelit-satelit militer maupun sipil Jerman dari segala bentuk serangan.

Oleh Laraswati Ariadne Anwar
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP PHOTO /NASA TV/HANDOUT

Cuplikan gambar dari NASA TV yang diambil pada 16 Juni 2021 memperlihatkan astronot Badan Antariksa Eropa (ESA) Thomas Pesquet selama Ekspedisi 65 ISS Spacewalk #74 untuk memasang panel surya IROSA di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

UEDEM, SELASA — Jerman menyusul sekutunya, Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis, membuka komando antariksa yang berada di bawah militer negara tersebut. Tujuannya ialah memastikan keamanan antariksa, terutama dari dominasi Rusia dan China yang dicemaskan oleh negara-negara Barat.

Komando itu berada di kota Uedem, di dekat perbatasan dengan Belanda. Sama seperti Inggris dan Perancis, komando antariksa Jerman berada di bawah naungan angkatan udara. AS adalah satu-satunya negara yang memiliki komando antariksa sendiri, setara dengan angkatan udara, angkatan laut, dan angkatan darat.

Editor: Fransisca Romana Ninik W
Bagikan
Memuat data..