logo Kompas.id
InternasionalTaliban Kian Kuasai Afghanistan, India Tarik Diplomat dari Kandahar

Taliban Kian Kuasai Afghanistan, India Tarik Diplomat dari Kandahar

Pemerintah India menarik 50 diplomat dan petugas keamanan dari konsulat mereka di Kandahar, Afghanistan. Situasi keamanan yang makin tidak menentu membuat sejumlah negara menutup operasional misi diplomatiknya.

Oleh
MAHDI MUHAMMAD
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/JAVED TANVEER

Aparat keamanan Afghanistan berjaga-jaga di sebuah ruas jalan saat pertempuran berlangsung antara pasukan Pemerintah Afghanistan dan kelompok Taliban di Kandahar, Afghanistan, 9 Juli 2021.

KABUL, MINGGU — Pemerintah India menarik pulang 50 diplomat dan personel keamanan dari konsulatnya di Kandahar, sekitar 500 kilometer barat daya Kabul, Afghanistan, setelah terjadi pertempuran sengit antara pasukan pemerintah dan kelompok Taliban di kota tersebut. Taliban pekan ini mengklaim telah menguasai 85 persen wilayah Afghanistan.

Langkah penarikan puluhan pejabat konsuler dan petugas keamanan India itu menyusul tindakan beberapa misi diplomatik negara-negara asing yang menghentikan kegiatan operasionalnya dan menarik pulang warganya karena situasi keamanan di Afghanistan semakin tidak kondusif.

Editor:
samsulhadi
Bagikan