logo Kompas.id
InternasionalAS Berniat Sisakan Pasukan di Afghanistan

AS Berniat Sisakan Pasukan di Afghanistan

Situasi keamanan yang memburuk membuat militer AS berpikir untuk menyisakan sejumlah anggotanya untuk berjaga di Kabul, Afghanistan. Sementara pasukan pemerintah mulai kewalahan menghadapi gempuran kelompok Taliban.

Oleh
Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP PHOTO/SHAH MARAI

Sebuah helikopter Mi-17 milik Angkatan Udara Afghanistan terbang di atas tentara Afghanistan dalam latihan militer di Pusat Pelatihan Militer Kabul (KMTC) di pinggiran Kabul, Afghanistan, Selasa (17/10).

KABUL, JUMAT — Banyak pihak mengkhawatirkan, pertempuran yang terus berlangsung antara pasukan Pemerintah Afghanistan dan kelompok Taliban akan mengganggu proses penarikan mundur pasukan Amerika Serikat dan NATO. Untuk memastikan keamanan proses penarikan pasukan dan misi diplomatiknya, Pemerintah AS memutuskan untuk menyisakan sekitar 650 tentara di Afghanistan.

Selain itu, beberapa ratus personel pasukan tambahan AS akan tetap berada di Bandara Internasional kabul, membantu pasukan Turki menjaga keamanan untuk sementara waktu sampai operasi keamanan yang akan dipimpin militer Turki berjalan. Secara keseluruhan, AS berharap komando militer AS dan koalisi telah menarik sebagian besar pasukannya dari Afghanistan pada 4 Juli atau setidaknya tidak lama setelah itu, jauh sebelum tenggat 11 September seperti yang ditentukan Presiden AS Joe Biden.

Editor:
Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan