logo Kompas.id
InternasionalRaisi Dukung Kelanjutan Negosiasi Nuklir, Beri Sinyal Rekonsiliasi dengan Saudi

Raisi Dukung Kelanjutan Negosiasi Nuklir, Beri Sinyal Rekonsiliasi dengan Saudi

Presiden Iran terpilih Ebrahim Raisi mendukung perundingan kesepakatan nuklir Iran yang kini tengah berlangsung di Vienna. Dia juga berharap bisa memulihkan hubungan dengan tetangga Iran di kawasan, termasuk Arab Saudi.

Oleh Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/EBRAHIM NOROOZI

Tiga perempuan memperlihatkan sebuah kertas yang bergambar Presiden Iran terpilih Ebrahim Raisi di Teheran, Iran, Sabtu (19/6/2021).

TEHERAN, SELASA — Presiden Iran terpilih Ebrahim Raisi mendukung perundingan antara Iran dan negara-negara yang tergabung dalam kelompok P5+1 untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015. Dia juga mengatakan, prioritas lain pemerintahannya adalah meningkatkan hubungan dengan negara-negara tetangga Iran di Teluk Arab, termasuk Arab Saudi, yang selama ini dipandang sebagai pesaingnya di kawasan.

”Kami mendukung negosiasi yang menjamin kepentingan nasional kami. Amerika harus segera kembali ke kesepakatan dan memenuhi kewajibannya berdasarkan kesepakatan itu,” kata Raisi dalam konferensi pers perdananya setelah memenangi pemilihan presiden di Teheran, Senin (21/6/2021).

Editor: Muhammad Samsul Hadi
Bagikan
Memuat data..