logo Kompas.id
InternasionalTuris China Serbu Istana Dalai Lama

Turis China Serbu Istana Dalai Lama

Ledakan pariwisata sedang berlangsung di Tibet. Akibat pandemi Covid-19, wisatawan China yang biasanya melancong ke luar negeri mengalihkan tujuan perjalanannya ke domestik. Tibet adalah salah satunya.

Oleh FX LAKSANA AGUNG SAPUTRA
· 1 menit baca
Memuat data...
(AP PHOTO/MARK SCHIEFELBEIN)

Wisatawan China mengenakan pakaian tradisional Tibet berfoto di alun-alun dekat Istana Potala di Lhasa, Tibet, Selasa (1/6/2021). Pariwisata tengah meledak di Tibet seiring banyaknya wisatawan asal China yang biasanya melancong ke luar negeri kini bepergian di obyek wisata domestik, seperti Tibet.

LHASA, MINGGU —  Turis China menyerbu Istana Potala di Lhasa, Tibet, kediaman para Dalai Lama. Guna konservasi bangunan yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sejak 1994 tersebut, pengelola membatasi kunjungan untuk maksimal 5.000 turis per hari. Akibat pandemi Covid-19, banyak wisatawan China yang biasanya melancong ke luar negeri berwisata ke sejumlah daerah tujuan pariwisata domestik, salah satunya adalah Tibet.

Istana Potala adalah kediaman para Dalai Lama sepanjang 1649 hingga 1959. Dalai Lama ke-14, Tenzin Gyatso, meninggalkan Istana Potala menyusul pemberontakan Tibet yang digagalkan pasukan China pada 1959. Dalai Lama kemudian tinggal di pengasingan sampai hari ini, yakni di Dharamsala, wilayah Himachal Pradesh, India. Dalai Lama adalah pemimpin spiritual pemeluk agama Buddha Tibet sekaligus simbol pemersatu masyarakat Tibet.

Editor: Laksana Agung Saputra
Bagikan
Memuat data..