logo Kompas.id
InternasionalTolak Desakan China, Taiwan Tarik Diplomat dari Hong Kong

Tolak Desakan China, Taiwan Tarik Diplomat dari Hong Kong

Sebanyak tujuh diplomat Taiwan yang bekerja di kantor perwakilan Taiwan untuk Hong Kong ditarik pulang setelah mereka menolak menandatangani surat resmi yang menyatakan setuju dengan kebijakan politik “Satu China”.

Oleh Laraswati Ariadne Anwar
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/ISAAC LAWRENCE

Salah seorang warga Hong Kong, Debby Chan, menunjukkan buku puisi yang akan dibacakan untuk memperingati peristiwa Tiananmen.

HONG KONG, MINGGU — Sebanyak tujuh diplomat Taiwan yang bekerja di kantor perwakilan Taiwan untuk Hong Kong ditarik pulang setelah mereka menolak menandatangani surat resmi yang menyatakan setuju dengan kebijakan politik ”Satu China”. Belakangan hubungan Taiwan dan China semakin memanas. Apalagi setelah Taiwan terang-terangan mendukung protes massa prodemokrasi menentang Partai Komunis China.

”Kantor perwakilan Taiwan di Hong Kong tidak ditutup, tetapi dioperasikan oleh staf lokal dan hanya untuk hal-hal bersifat esensial,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Progresif (Democratic Progressive Party/DPP) Lin Fei-fan, Minggu (20/6/2021). DPP adalah partai politik yang berkuasa saat ini dan partai asal Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen.

Editor: Laksana Agung Saputra
Bagikan
Memuat data..