logo Kompas.id
InternasionalRaih Suara Mayoritas Pilpres Iran, Ebrahim Raisi Banjir Ucapan Selamat

Raih Suara Mayoritas Pilpres Iran, Ebrahim Raisi Banjir Ucapan Selamat

Ucapan selamat mengalir untuk Ebrahim Raisi, kandidat Presiden Iran dari kubu ultranasionalis. Salah satu ulama terkemuka di Iran itu disebut telah memenangi pemilihan presiden di Iran.

Oleh B Josie Susilo Hardianto
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/ATTA KENARE

Foto yang diambil pada Jumat (18/6/2021) ini memperlihatkan ulama dari kelompok ultranasionalis Iran, Ebrahim Raisi, melambaikan tangan ketika hendak memberikan suara dalam pemilihan presiden di Teheran, Iran.

TEHERAN, SABTU — Hingga Sabtu siang (19/6/2021), ulama ultrakonservatif Iran, Ebrahim Raisi meraih 62 persen suara pemilih. Ia meraup 17,8 juta suara dari 28,6 juta suara sah. Kepala Kantor Pemilihan Iran, Jamal Orf – dalam pengumuman di televisi pemerintah – mengatakan, posisi kedua untuk sementara diraih oleh Mohsen Rezai yang meraup 3,3 juta suara pemilih.

Sebagai catatan, tercatat ada 59 juta warga Iran memiliki hak suara. Namun dalam pemilihan presiden kali ini belum diketahui berapa banyak warga turut aktif memberikan suara mereka. Hingga saat ini belum ada pengumuman resmi tentang kemenangan Raisi, namun sejumlah pihak telah memberikan ucapan selamat.

Editor: Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Memuat data..