logo Kompas.id
InternasionalChina Sebut AS Seharusnya Diselidiki Soal Asal-usul Covid-19

China Sebut AS Seharusnya Diselidiki Soal Asal-usul Covid-19

China menilai sudah saatnya penyelidikan asal-usul Covid-19 diarahkan pada Amerika Serikat. Namun, negara-negara di dunia tetap harus bekerja sama untuk mengungkap awal mula penyebaran wabah ini.

Oleh Fransisca Romana Ninik
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/HANDOUT/ INSTITUT NASIONAL ALERGI DAN PENYAKIT MENULAR

Gambar selebaran tak bertanggal ini diperoleh pada 28 Maret 2021 milik The National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) Amerika Serikat. Gambar itu menunjukkan mikroskop elektron transmisi SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, dari seorang pasien di AS.

SHANGHAI, KAMIS — Epidemiolog China menyebut bahwa Amerika Serikat seharusnya menjadi prioritas penyelidikan asal-usul Covid-19 berikutnya. Asal-usul penyakit ini telah menjadi sumber ketegangan baru bagi AS dan China.

Sebuah studi menunjukkan, penyakit ini kemungkinan telah beredar di negara tersebut pada Desember 2019. Studi yang dipublikasikan Institut Kesehatan Nasional (NIH) AS pekan ini menemukan bahwa sedikitnya tujuh orang di lima negara bagian AS telah terinfeksi virus SARS-CoV-2, pembawa Covid-19, beberapa pekan sebelum AS secara resmi mengumumkan kasus pertama.

Editor: Fransisca Romana Ninik W
Bagikan
Memuat data..