logo Kompas.id
Internasional"Sneakers" dan Simbol dari...
Iklan

"Sneakers" dan Simbol dari Gaya, Uang, hingga Darah

Bermula dari upaya memenuhi kebutuhan sepatu yang nyaman dipakai, ”sneakers” berevolusi menjadi komoditas sarat makna. ”Sneakers” menjadi simbol ekspresi diri, status ekonomi, afiliasi politik, dan komunitas tertentu.

Oleh
Laraswati Ariadne Anwar
· 8 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/xR0CWloBPVtd2c8uHvkcDXknuTI=/1024x732/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F05%2F19_1621352057.jpg
NBAE VIA GETTY IMAGES/AFP/RON HOSKINS

Sneakers Montrezl Harrell #15 dari Los Angeles Lakers saat pertandingan melawan Indiana Pacers pada 15 Mei 2021 di Bankers Life Fieldhouse di Indianapolis, Indiana.

Sepatu sneakers mungkin jenis alas kaki yang paling digemari di dunia. Akan tetapi, sejarah sepatu yang bagi sebagian orang adalah kebutuhan sehari-hari sampai menjadi status simbol ini jauh sekali dari kesan sederhana. Perkembangan tren dan komsumsi sneakers global mencakup berbagai pergerakan sosial, politik, dan ekonomi generasi muda yang menolak untuk masuk ke dalam cetakan norma konvensional.

Layaknya benda komoditas zaman modern, sneakers melintasi batas kelas. Bahkan, sejumlah literatur bisnis maupun budaya populer berpendapat sneakers adalah satu-satunya produk yang diakui di kalangan ekonomi atas, menengah, dan bawah. Dinamika sneakers berubah tergantung dengan zaman, ada masa ketika sneakers adalah produk untuk kelas elit, dan ada pula masa ketika sneakers menjadi komoditas murah yang lazim ditemui dari pasar sampai emperan.

Editor:
Bonifasius Josie Susilo H
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000