logo Kompas.id
InternasionalTaliban Tolak Keinginan Turki untuk Jaga Keamanan Bandara Kabul

Taliban Tolak Keinginan Turki untuk Jaga Keamanan Bandara Kabul

Bandara Hamid Karzai di Kabul dinilai strategis jika Afghanistan jatuh dalam krisis. Kelompok Taliban menolak proposal Turki yang mengajukan diri menjaga keamanan bandara Kabul karena menjadi bagian dari NATO.

Oleh
Mahdi Muhammad
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/RAHMAT GUL

Seorang personel militer Afghanistan berdiri di samping sebuah bangkai bus yang luluh lantak karena ledakan bom di Kabul, Afghanistan, 1 Juni 2021.

DOHA, JUMAT — Kelompok Taliban menolak proposal pemerintah Turki yang menginginkan anggota militernya menjaga dan mengelola bandara Kabul setelah pasukan koalisi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan Amerika Serikat keluar dari Afghanistan. Proposal Turki itu menjadi perhatian serius bagi koalisi dan sejumlah organisasi internasional yang ingin mengevakuasi personel mereka dengan aman dari Afghanistan jika pertempuran mengancam ibu kota.

Sementara bagi Turki, penolakan proposal itu juga membuat upaya mereka mendekatkan diri dengan AS terhadang. Juru bicara kelompok Taliban, Suhail Shaheen, di Doha, Qatar, Kamis (11/6/2021), mengatakan bahwa sebagai bagian dari NATO dan koalisi, militer Turki harus hengkang dari Afghanistan. Tidak ada pengecualian.

Editor:
samsulhadi
Bagikan